Home » Profil

Profil

Pada tahun 1995 Yayasan Widyatama mulai menyelenggarakan pendidikan di bidang Teknik melalui pendirian Sekolah Tinggi Teknologi Bandung-Widyatama dan mendapat status terdaftar dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 50/D/0/1996 tanggal 8 Agustus 1996.

Pada bulan Agustus 2001, bergabung empat Sekolah Tinggi di lingkungan Yayasan Widyatama membentuk Universitas Widyatama. Program Studi Teknik Industri menjadi salah satu program studi pada Fakultas Teknik Universitas Widyatama. Pembentukan Universitas Widyatama ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 137/D/0/2001 tanggal 2 Agustus 2001.

Fakultas Teknik saat ini memiliki 3 (tiga) program studi yaitu Teknik Industri S1, Teknik Informatika S1 dan Sistem Informasi S1. Ketiga program studi saat ini memiliki peringkat akreditasi B dari BAN-PT. Target Fakultas Teknik Universitas Widyatama dalam 5 (lima) tahun ke depan adalah membuat peringkat Akreditasi Program Studi yang ada menjadi A.

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan industri dan pasar kerja serta untuk mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi khususnya dalam bidang teknik, maka pada awal tahun 2017 telah menambah program studi terbaru. Dalam hal ini Fakultas Teknik memperluas bidang ilmu prodi di bawah pengelolaannya dengan penambahan prodi Teknik Elektro S1, Teknik Sipil S1, Teknik Mesin S1 dan Teknik Mesin D3. Sedangkan program pasca sarjana Teknik & Manajemen Industri S2 sedang program dalam proses persiapan.

Visi

Menjadi unit pengelola program studi bidang teknik yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang unggul, profesional, terkemuka di Indonesia, adaptif dan berwawasan global pada tahun 2024.

Misi

  1. Menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat) untuk mencapai keunggulan, keprofesionalan lulusan yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan industri dan tantangan ke depan dalam bidang Teknik Industri, Teknik Informatika dan Sistem Informasi, serta bidang teknik lainnya.
  2. Menerapkan manajemen pendidikan tinggi secara terstruktur dan terukur sesuai standar prosedur yang telah ditetapkan.
  3. Menjalin kerjasama dengan seluruh pihak stakeholder (industri, pengguna, pemerintah dll).
  4. Menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan proses belajar mengajar dengan menyiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung terlaksananya proses pembelajaran dengan sangat baik.
  5. Menggali kecirian lulusan Fakultas Teknik (menyangkut aspek teknologi, manajemen, dan komunikasi), menumbuhkan jiwa kewirausahaan, technopreneurship dan etika profesi yang dibutuhkan oleh masyarakat industri, sebagai daya saing global.

Sistem Kebijakan Mutu

  • Kebijakan Mutu

Selalu berupaya untuk menghasilkan lulusan yang profesional yang memiliki keunggulan dan daya saing dan selalu mengembangkan diri dalam masyarakat global.

  • Tujuan
  1. Menghasilkan Lulusan dalam bidang Teknik Informatika, Teknik Industri, Sistem Informasi, serta bidang teknik lainnya yang unggul dan mampu bersaing serta beradaptasi di tingkat nasional dan global
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa Pancasila dan berwawasan kebangsaan disertai dengan sikap jujur dan berintegritas yang tinggi serta memegang teguh etika profesi dalam melaksanakan tugasnya di dunia kerja dan dalam bermasyarakat.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki etos kerja yang disiplin, tekun, ulet, mampu berkerjasama dalam kelompok dan memilik wawasan global yang disertai dengan dasar budaya dan kearifan lokal.
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki ketrampilan berfikir secara kritikal dan analitikal dalam melaksanakan penelitian dan kajian di bidang Teknik Industri, Teknik Informatika, Sistem Informasi, serta bidang teknik lainnya untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan bidang ilmunya untuk menyelesaikan permasalahan, melalui analisa informasi dan data dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan yang ada.
  6. Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan yang inovatif, terbuka, kreatif dan selalu mengembangkan dirinya sepanjang hayat di bidang Teknik Industri, Teknik Informatika, Sistem Informasi, serta bidang teknik lainnya.
  7. Memiliki kemampuan studi lanjut (jenjang S3) di bidang yang sesuai.
  8. Mampu mandiri dan bertanggung jawab terhadap pekerjaan.
  • Sasaran Mutu
  1. 75% lulusan tepat waktu dan prestasi memuaskan
  2. 75% kemampuan Bahasa Inggris yang baik
  3. Sekurang-kurangnya 75% lulusan terampil dan menguasai aplikasi komputer

Sasaran jangka panjang:

  1. Fase 1 (2007-2012)

Tahap pemantapan kemampuan dan pengembangan sumber daya manusia, sarana prasarana, infrastruktur teknologi, metode pembelajaran yang mendukung tercapainya Fakultas Teknik sebagai institusi pendidikan yang terkemuka di Jawa Barat.

  1. Fase 2 (2013-2018)

Tahap pengembangan tata kelola fakultas yang baik, peningkatan produktifitas penelitian dan mutu pendidikan dan kemahasiswaan untuk mencapai lulusan yang memiliki daya saing di tingkat nasional

  1. Fase 3 (2019-2024)

Tahap peletakan dasar dan pemantapan menuju fakultas yang unggul dan penyempurnaan semua komponen pendidikan tinggi untuk mencapai institusi pendidikan yang terkemuka di tingkat nasional dan siap untuk bersaing di kancah internasional.