Home » Profil

Profil

Sekilas Pandang

Fakultas Teknik Universitas Widyatama saat ini memiliki 3 (tiga) program studi yaitu S1 Teknik Industri, S1 Teknik Informatika dan S1 Sistem Informasi. Ketiga program studi saat ini memiliki peringkat akreditasi B dari BAN-PT. Target Fakultas Teknik Universitas Widyatama dalam 5 (lima) tahun kedepan adalah membuat peringkat Program Studi yang ada menjadi A, serta dimulainya pembukaan sedikitnya 6 (enam) Program Studi baru yaitu S1 Teknik Elektro, S1 Manajemen Rekayasa Industri, S1 Teknik Mesin, S1 Sistem Transportasi, S1 Game Technology serta S2 Teknik & Manajemen Industri.

 

Sejarah

Pada awalnya, Program Studi Teknik Industri merupakan salah satu Program Studi pada Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Widyatama yang diselenggarakan Yayasan Widyatama. STT Widyatama didirikan pada tahun 1995 dan mendapat status terdaftar dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 50/D/0/1996 tanggal 8 Agustus 1996.

Pada bulan Agustus 2001, dengan bergabungnya empat Sekolah Tinggi di lingkungan Yayasan Widyatama membentuk Universitas Widyatama, Program Studi Teknik Industri menjadi salah satu Program Studi pada Fakultas Teknik Universitas Widyatama. Pembentukan Universitas Widyatama ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 137/D/0/2001 tanggal 2 Agustus 2001.

 

Sejarah Kepemimpinan

Sejak berdiri pada tahun 1995 (masih bernama STT Widyatama) sampai dengan saat ini, Fakultas Teknik Universitas Widyatama telah dipimpin oleh putra-putri terbaik bangsa Indonesia yang memiliki visi untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa, diantaranya:

  • Ir. Mame S. Sutoko, DEA. (Rektor Universitas Widyatama periode 2002-2014)
  • Elisabeth Koes Soedjati (Wakil Rektor Universitas Widyatama periode 2002-2006)
  • Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA. (Rektor ITB periode 2015-2020)
  • Gatot Yudoko, MA.Sc., Ph.D. (Dekan Fakultas Teknik Universitas Widyatama periode 2002-2006)
  • Setiadi Yazid, M.Sc., Ph.D. (Dekan Fakultas Teknik Universitas Widyatama periode 2006-2015)
  • A. Edi Sudiarto, M.Sc. (Wakil Dekan Fakultas Teknik Universitas Widyatama periode 2002-2009)
  • Iwan Rijayana, S.Kom., M.Kom., MM. (Wakil Dekan Fakultas Teknik Universitas Widyatama periode 2009-2015)
  • Oktri Mohammad Firdaus, ST., MT. (Dekan Fakultas Teknik Universitas Widyatama periode 2015-2019)
  • Savitri Galih, S.Si., MT. (Wakil Dekan Fakultas Teknik Universitas Widyatama periode 2015-2019)

 

Visi

Menjadi Fakultas Teknik yang menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan profesional dalam bidang Teknik Industri, Teknik Informatika dan Sistem Informasi serta dapat beradaptasi terhadap perkembangan iptek, seni dalam lingkup global

Profesional: memiliki kompetensi, potensi, etika, daya pikir, dan daya saing sesuai bidang ilmu sehingga dapat memberi kontribusi kepada pengembangan dan kemajuan bangsa dengan penuh tanggung jawab.

Unggul: untuk mencapai Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, maka seluruh lulusan Fakultas Teknik Universitas Widyatama memiliki sertifikasi internasional SAP, MOS, dan Bahasa Inggris

Adaptif: memiliki kemampuan untuk dapat mengidentifikasi, mengembangkan dan menyesuaikan kemampuan terhadap hal-hal yang ditemui dalam lingkup pengetahuan, informasi dan teknologi. Pembiasaan continuous learning pada mata kuliah konsentrasi berbasis proyek terapan dimana mahasiswa dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada dan disesuaikan dengan kebutuhan pasar

Global: memiliki faktor daya saing industri dan keilmuan secara nasional dan internasional dalam menyiapkan, mengimplementasikan dan menguasai bidang ilmu sehingga dapat diwujudkan dalam bentuk kolaborasi dan kerjasama. Hal ini ditunjukkan dengan dosen dosen Fakultas Teknik yang memiliki pengalaman mengadakan penelitian di lembaga penelitian internasional dan memiliki publikasi internasional terindeks SCOPUS. Disamping itu adanya Program kerjasama internasional yang melibatkan pertukaran mahasiswa, keikut sertaan tenaga pengajar sebagai peneliti di pusat penelitian internasional.

 

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi bidang Teknik Industri, Informatika dan Sistem Informasi yang menunjang kepada pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan proses belajar mengajar sehingga dapat menghasilkan lulusan yang profesional dan kreatif dalam bidang Teknik.
  • Menggali kekhasan akademik (memiliki bidang konsentrasi khusus yang tidak banyak dimiliki/dikuasai fakultas teknik lain) , sebagai daya saing dan positioning melalui kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam pengembangan dan penerapan bidang ilmu Teknik.
  • Mengembangkan kerjasama institusi baik dalam maupun luar negeri untuk menciptakan keterkaitan dan relevansi pendidikan dengan kebutuhan pasar/industri dan selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

Tujuan

  • Menghasilkan Lulusan dalam bidang Teknik Informatika, Teknik Industri dan Sistem Informasi yang unggul dan mampu bersaing serta beradaptasi di tingkat nasional dan global
  • Menghasilkan Karya Penelitian dan Publikasi Ilmiah melalui penelitan di bidang Teknik Informatika, Teknik Industri dan Sistem Melaksanakan program pengabdian masyarakat di lingkungan sekitar maupun masyarakat Indonesia secara umum.
  • Terlaksananya kerjasama dengan institusi nasional maupun internasional

 

Kebijakkan Strategis

Prioritas utama strategi pencapaian kinerja Fakultas Teknik tahun 2016 sesuai dengan SK Dekan no. 011/SK/G.02.02/FT-UTAMA/V/2016 dirumuskan dalam Astha Teknika yang dijabarkan sebagai berikut :

  • PUTIH SEBAGAI AWAL MINGGU

    setiap hari Senin semua dosen dan staf administrasi di Lingkungan Fakultas Teknik menggunakan baju bernuansa PUTIH (model bebas – selama tetap menjaga sopan santun dan etika berbusana), dengan makna bahwa semua insan Fakultas Teknik memulai minggu dengan niatan tulus dan bersih.

  • NO PLAGIARISM

    dimulai dari bulan Januari 2016 dan berlaku seterusnya, dosen Fakultas Teknik berkomitmen untuk mengurangi dan meminimalisir potensi PLAGIARISM khususnya “Self Plagiarism” dalam aktivitas publikasi (khususnya publikasi yang merupakan pengembangan tugas akhir mahasiswa).

  • KADERISASI DOSEN JUNIOR

    untuk menunjang kelancaran kegiatan PBM di Prodi dibawah naungan Fakultas Teknik, maka efektif berlaku mulai Semester Genap 2015/2016 semua dosen Fakultas Teknik dengan masa kerja dibawah 1 tahun diwajibkan untuk “magang/sit in” pada kelas yang diampu oleh para dosen senior. Tujuannya adalah untuk proses kaderisasi dan menambah jam terbang bagi dosen junior, serta untuk menjaga keberlangsungan perkuliahan pada jadwal reguler (upaya mengurangi adanya kelas pengganti)

  • ONE SEMESTER ONE PAPER

    mulai semester genap 2015/2016 baik dosen senior maupun dosen junior di lingkungan Fakultas Teknik diwajibkan untuk memiliki program publikasi minimal 1 paper per 1 semester, dan sebaiknya ditujukan tidak hanya untuk level Proceedings namun lebih ditingkatkan ke level Jurnal Nasional Terakreditasi maupun Jurnal Internasional bereputasi baik. Hal ini juga untuk mendukung upaya “AKSELERASI” peningkatan Jabatan Fungsional Dosen FT UTama.

  • WE ARE MARKETER

    dalam upaya meningkatkan student body Fakultas Teknik khususnya untuk Program Reguler A, maka semua dosen dan staf meningkatkan kesadaran bahwa sesungguhnya dosen adalah ujung tombak untuk proses “BRANDING” Fakultas Teknik khususnya dan UTama pada umumnya. Makna “We Are Marketer” lebih kepada menunjukkan prestasi positif Dosen untuk dijadikan sebagai bahan untuk “Personnel Branding” sekaligus “Institutional Branding” kepada calon User (orang tua, mahasiswa, masyarakat umum dan calon mahasiswa)

  • STUDENT is OUR PARTNER not OUR BOSS

    mahasiswa memang benar menjadi salah satu elemen yang berperan dalam kelangsungan aktivitas Universitas Widyatama (khususnya dari sisi finansial), untuk itu dosen harus memperlakukan mahasiswa sebagai Partner yang Proporsional dengan tanpa mengorbankan sisi IDEALISME sebagai tenaga Pendidik Profesional.

  • WE ARE DIFFERENT

    Sebagai dosen yang pernah mengenyam pendidikan di bidang Engineering maupun Computer Science. Dosen FT diharapkanmemiliki kelebihan dan keunggulan dalam berpikir sistematis, sistemik, holistik dan komprehensif dibandingkan dengan disiplin ilmu lainnya. Makna “BERBEDA” tidak sesempit makna penggunaan PIN saja, namun lebih kepada menunjukkan prestasi yang “Extraordinary” kepada masyarakat luas sesuai bidang keahlian masing-masing.

  • KAMIS = ENGLISH DAY & SHARING DAY

    Semua anggota Fakultas Teknik UTama menerapkan penggunaan bahasa Inggris dalam komunikasi sehari-hari setidaknya setiap hari Kamis dalam seminggunya. Hal ini sebagai wujud kesiapan untuk bersaing di level Global (dan bukan hanya wacana dalam ucapan dan niat semata). Selain itu juga diharapkan mulai Semester Genap 2015/2016 setiap hari Kamis masing-masing Ketua Prodi, Kepala Pusat Studi dan juga Kepala Laboratorium untuk mengagendakan kegiatan “BERBAGI PENGETAHUAN dan PENGALAMAN” secara rutin.