Home » Profil

Profil

Visi Fakultas Teknik yang telah disusun melalui proses mekanisme penyusunan visi misi yang telah dilakukan, Visi Fakultas Teknik tersebut adalah:

Menjadi unit pengelola program studi bidang Teknik yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang unggul, profesional, adaptif dan terkemuka di Indonesia berwawasan global pada tahun 2023

Visi Fakultas Teknik di Universitas Widyatama dirancang selama jangka waktu tertentu dalam Rencana Strategis Universitas (2013-2018 dan 2018-2023). Visi ini merupakan fondasi ideal yang telah ditetapkan Fakultas Teknik sebagai unit pengelola yang menaungi: program studi Teknik Industri, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Mesin, Teknik elektro, dan Teknik Sipil. Visi ini juga merupakan cita-cita dan menjadi penyemangat untuk seluruh sivitas akademika di Fakultas Teknik.

Visi Fakultas Teknik yang telah ditetapkan tersebut, memiliki beberapa kata kunci mencakup : Unggul, profesional, terkemuka, adaptif dan berwawasan global. Detil penjelasan makna tersebut diuraikan sebagi berikut:

  • Unggul

Fakultas Teknik memiliki keunggulan di berbagai bidang, meliputi: Lulusan, Dosen, Fasilitas, dan Layanan Akademik berbasis sistem informasi. Indikator keunggulan tersebut diperinci sebagai berikut:

  1. Lulusan Fakultas Teknik memiliki karakteristik kompetensi khusus, yaitu Technopreneurship. Lulusan Fakultas Teknik juga menjadi pengusaha dengan 15,67% dari total alumni.
  2. Dosen Tetap di Fakultas Teknik mempunyai:
    • Satu publikasi penelitian per semester.
    • Satu sertifikasi kompetensi menurut teknologi informasi (Oracle, Cisco, SAP, Technopreneurship, BNSP) dan industri rekayasa (SAP, Insinyur Profesional, BNSP, International Balance Scorecard))
    • Keanggotaan dalam asosiasi profesional internasional (IEEE, IAENG)
    • Mendapat kepercayaan dari publik dalam Konsultasi tentang IT dan kegiatan pengembangan industri di lembaga pemerintah serta memiliki pengalaman kerja di industri internasional dan BUMN.
    • Kurikulum di Fakultas Teknik mengacu pada KKNI dan SKKNI.
  3. Mahasiswa lulus pada semester 8 (delapan) atau 4 (empat) tahun dengan minimal 144 kredit dan IPK 3,00. Lulusan mempunyai profil yang memenuhi kebutuhan industri, wawasan dan daya saing global.
  4. Memiliki fasilitas yang sangat baik dan fasilitas infrastruktur yang ramah lingkungan.
  5. Layanan akademik dan non-akademik yang menggunakan teknologi informasi terkini.
  • Profesional

Profesional dimaksud Fakultas Teknik sebagai unit pengelola yang mampu menghasilkan lulusan dengan kompetensi khusus, mempelajari etika profesi dan aplikasi etis, dengan indikator:

  1. Fakultas Teknik telah menerapkan Sistem Penjaminan Mutu (ISO 9001: 2008)
  2. Pembelajaran didasarkan pada pedoman kurikulum berbasis kompetensi yang dirancang menggunakan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia dengan dukungan aplikasi teknologi informasi dan penerapan pelajaran yang dipantau dan dievaluasi secara berkala.
  3. Kurikulum Fakultas Teknik disusun dengan keterlibatan praktisi dari dunia industri, lulusan dan ahli di bidang Teknik Industri, Sistem Informasi dan Teknik Informatika. Kurikulum ini telah dievaluasi setiap 4 tahun sehingga dapat disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan para korban.
  4. Waktu lulus dari Fakultas Teknik untuk mendapatkan pekerjaan sejak lulus rata-rata 3,15 bulan.
  5. Lulusan Fakultas Teknik juga menjadi pengusaha dengan 15,67% dari total alumni.
  • Terkemuka.

Makna Terkemuka adalah Fakultas Teknik sebagai unit pengelola memiliki reputasi di masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan

  1. Banyaknya dosen Fakultas Teknik yang memiliki prestasi pada tingkat nasional, dipercaya dalam kegiatan sebagai konsultan tingkat nasional maupun sebagai trainer bagi berbagai perusahaan nasional dan internasional di Indonesia.
  2. Program studi di bawah Fakultas Teknik telah melakukan promosi bersama sejumlah rekanan dari kalangan industri maupun bisnis untuk menyelesaikan sejumlah projek yang terkait dengan masyarakat luas
  • Penyusunan Master Plan eGovernment beberapa kabupaten dan Kota di Indonesia (Teknik Informatika dan Sistem Informasi)
  • Penyusunan Roadmap Intelligence Transport System (Teknik Informatika dan Sistem Informasi)
  • Pengembangan Sistem Informasi di berbagai instansi (Sistem Informasi)
  • Proyek terkait tugas sebagai Pimpinan (Head) Asosiasi Profesi (mis. Head Supply Chain Indonesia, Sekretaris BKSTI Jabar ) (Teknik Industri)
  • Pelatihan Profesi untuk berbagai instansi (Teknik Industri, Teknik Informatika, Sistem Informasi)
  1. Memiliki jaringan kerja sama internasional di ASEAN dan Asia.
  2. Memiliki sejumlah prestasi akademik dan non akademik yang ditunjukkan dengan karya ilmiah internasional maupun nasional.
  • Publikasi : Identification of Minimum Standard in Emergency Goods for Earthquake Relief in Indonesia pada Journal of Disaster Resource (Terindeks Scopus , Scimago(Q2))
  • Publikasi: DeLone-McLean Information System Success Model Revisited The Separation of Intention to Use – Use and the Integration of Technology Acceptance Model pada International Journal of Economic and Financial Issues (Terindeks scopus, Scimago(Q3))
  • Publikasi : E-Learning Design activity to Improve Students Knowledge and Skills : A Case Study of Database Design Course pada International Journal of Information and Education Technology (Terindeks Proquest)
  • Mendapatkan rekor MURI untuk penulis buku bertema IT terbanyak.
  • Adaptif

dimaksudkan adalah lulusan S1 Fakultas Teknik dapat diterima dan mudah beradaptasi pada lingkungan umumnya dan khususnya pada lingkungan kerja.

  • Global.

  • Makna Global adalah Fakultas Teknik memiliki kesiapan untuk terjun di kancah internasional baik dari sisi keilmuan maupun kesiapan budaya dan bahasa, yang dicirikan:
  1. Lulusan diwajibkan menguasai Bahasa Inggris dengan standar minimal TOEFL 450 atau TOEIC 500, sedangkan dosen dengan TOEFL minimal 525.
  2. Melaksanakan kerjasama dengan universitas luar negeri (Cina, Kamboja, Taiwan dan Korea) untuk melaksanakan pertukaran mahasiswa, credit earning dan magang di industri internasional seperti ASUS, INTEL di Taiwan.
  3. Dosen Fakultas Teknik mendapatkan pendidikan tinggi Internasional (Jepang, Belanda, Malaysia, Amerika dan Jerman) dan di bidang penelitian dosen Fakultas Teknik memiliki pengalaman melakukan penelitian bersama lembaga penelitian internasional melalui penelitian post doktoral dan sandwich program di Jepang, Singapura dan Jerman serta memiliki publikasi internasional, baik seminar internasional maupun jurnal internasional bereputasi yang terindeks DOAJ, EBSCO, Copernicus, dan SCOPUS juga menjadi anggota asosiasi profesi internasional seperti IEEE, ACM, dll.
  4. Program Studi Program Studi di Fakultas Teknik melakukan Benchmarking kurikulumnya ke standar kurikulum asosiasi profesi internasional, misal kurikulum Program Studi Informatika ke Association for Computing Machinery (ACM), kurikulum Program Studi Sistem Informasi ke ACM dan Association of Information Systems (AIS), kurikulum Teknik Industri ke Institute of Industrial and Systems Engineers (IISE).

Dalam mencapai tujuan, Fakultas Teknik menetapkan sasaran dalam tiga fase sebagai berikut:

  1. Fase 1 (2008-2013)

Tahap pemantapan kemampuan dan pengembangan sumber daya manusia, sarana prasarana, infrastruktur teknologi, metode pembelajaran yang mendukung tercapainya Fakultas Teknik sebagai institusi pendidikan yang terkemuka di Jawa Barat.

  1. Fase 2 (2013-2018)

Tahap pengembangan tata kelola universitas yang baik, peningkatan produktifitas penelitian dan mutu pendidikan dan kemahasiswaan untuk mencapai lulusan yang memiliki daya saing di tingkat nasional

  1. Fase 3 (2018-2023)

Tahap peletakan dasar dan pemantapan menuju world class university dan penyempurnaan semua komponen pendidikan tinggi di universitas untuk mencapai institusi pendidikan yang terkemuka di tingkat nasional dan siap untuk bersaing di kancah internasional.

Sasaran Fakultas Teknik terkait dengan Visi yang diturunkan dalam Rencana Strategi jangka pendek, jangka panjang digambarkan pada gambar berikut:

keterkaitan visi dan sasaran fakultas

Berdasarkan hal tersebut Fakultas Teknik merumuskan Sasaran dan Strategi Pencapaian sebagai berikut :

Sasaran Fakultas Teknik

  1. Peningkatan kualitas kelembagaan Fakultas Teknik
  2. Peningkatan mutu pendidikan dan kemahasiswaan
  3. Peningkatan pemanfaatan IT dalam kegiatan Fakultas (Cyber Campus)
  4. Peningkatan Sarana dan Prasarana Pendukung Kegiatan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
  5. Peningkatan Kompetensi dan Mutu Lulusan untuk menghadapi perkembangan teknologi dan industri masa depan.
  6. Tergalinya ciri khas Fakultas Teknik untuk mencapai keunggulan dan daya saing lulusan.
  7. Peningkatan Kerjasama Internasional
  8. Peningkatan Capaian Mutu dan Citra Fakultas
  9. Peningkatan Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
  10. Peningkatan Kualitas SDM

Untuk mencapai Visi, hingga Sasaran di Fakultas Teknik juga didukung oleh budaya dan falsafah Universitas Widyatama yaitu DJITU ++ : Disiplin Jujur Inovatif Tekun Ulet dan + Rasa Memiliki (Sense of Belonging) dan Keterbukaan. + Perbaikan Terus Menerus (Continuous Improvement). Ini dimaksudkan agar seluruh civitas akademika dalam bekerja harus menghasilkan sesuatu yang berkualitas tinggi sesuai dengan target yang ditetapkan.