Home » Profi Singkat

Profi Singkat

Pada awalnya, Program Studi Teknik Industri merupakan salah satu Program Studi pada Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Widyatama yang diselenggarakan Yayasan Widyatama. STT Widyatama ?didirikan pada tahun 1995 dan mendapat status terdaftar dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 50/D/0/1996 tanggal 8 Agustus 1996.

Pada bulan Agustus 2001, dengan bergabungnya empat Sekolah Tinggi di lingkungan Yayasan Widyatama membentuk Universitas Widyatama, Program Studi Teknik Industri menjadi salah satu Program Studi pada Fakultas Teknik ? Universitas Widyatama. Pembentukan Universitas Widyatama ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 137/D/0/2001 tanggal 2 Agustus 2001.

 

VISI

Menjadi Fakultas Teknik yang menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan profesional dalam bidang Teknik Industri, Teknik Informatika dan Sistem Informasi serta dapat beradaptasi terhadap perkembangan iptek, seni dalam lingkup global

 

Keterangan:

Profesional: memiliki kompetensi, potensi, etika, daya pikir, dan daya saing sesuai bidang ilmu sehingga dapat memberi kontribusi kepada pengembangan dan kemajuan bangsa dengan penuh tanggung jawab.

Unggul: untuk mencapai Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, maka seluruh lulusan Fakultas Teknik Universitas Widyatama memiliki sertifikasi internasional SAP, MOS, dan Bahasa Inggris

Adaptif: memiliki kemampuan untuk dapat mengidentifikasi, mengembangkan dan menyesuaikan kemampuan terhadap hal-hal yang ditemui dalam lingkup pengetahuan, informasi dan teknologi. Pembiasaan continuous learning pada mata kuliah konsentrasi berbasis proyek terapan dimana mahasiswa dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada dan disesuaikan dengan kebutuhan pasar

Global: memiliki faktor daya saing industri dan keilmuan secara nasional dan internasional dalam menyiapkan, mengimplementasikan dan menguasai bidang ilmu sehingga dapat diwujudkan dalam bentuk kolaborasi dan kerjasama. Hal ini ditunjukkan dengan dosen dosen Fakultas Teknik yang memiliki pengalaman mengadakan penelitian di lembaga penelitian internasional dan memiliki publikasi internasional terindeks SCOPUS. Disamping itu adanya Program kerjasama internasional yang melibatkan pertukaran mahasiswa, keikut sertaan tenaga pengajar sebagai peneliti di pusat penelitian internasional

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi bidang Teknik Industri, Informatika dan Sistem Informasi yang menunjang kepada pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan proses belajar mengajar sehingga dapat menghasilkan lulusan yang profesional dan kreatif dalam bidang Teknik.
  3. Menggali kekhasan akademik (memiliki bidang konsentrasi khusus yang tidak banyak dimiliki/dikuasai fakultas teknik lain) , sebagai daya saing dan positioning melalui kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam pengembangan dan penerapan bidang ilmu Teknik.
  4. Mengembangkan kerjasama institusi baik dalam maupun luar negeri untuk menciptakan keterkaitan dan relevansi pendidikan dengan kebutuhan pasar/industri dan selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

TUJUAN

  1. Menghasilkan Lulusan dalam bidang Teknik Informatika, Teknik Industri dan Sistem Informasi yang unggul dan mampu bersaing serta beradaptasi di tingkat nasional dan global
  2. Menghasilkan Karya Penelitian dan Publikasi Ilmiah melalui penelitan di bidang Teknik Informatika, Teknik Industri dan Sistem Melaksanakan program pengabdian masyarakat di lingkungan sekitar maupun masyarakat Indonesia secara umum.
  3. Terlaksananya kerjasama dengan institusi nasional maupun internasional

Profil lengkap