Paparan Dari Fakultas

Forum Komunikasi Civitas Akademika Fakultas Teknik

Forum Komunikasi Civitas Akademika Fakultas Teknik

(Fakultas, Program Studi, Senat Mahasiswa, Hima Prodi, Dosen dan Mahasiswa FT)

YANG DISELENGGARAKAN PADA TANGGAL 14 MARET 2020 BERTEMPAT DI GEDUNG SERBA GUNA? FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS WIDYATAMA

Fakultas Teknik dalam rangka meningkatkan suasana akademik yang lebih kondusif, Fakultas Teknik menyelenggarakan acara berupa Forum Komunikasi yang melibatkan seluruh civitas akademika di lingkungan Fakultas Teknik, hal ini dilakukan bertujuan untuk:

  1. Sebagai sarana komunikasi civitas akademika di lingkungan Fakultas Teknik.
  2. Meningkatkan keterlibatan civitas akademika Fakultas Teknik dalam upaya perbaikan kualitas proses pembelajaran.
  3. Menyampaikan pemahaman program kerja dan kebijakan Fakultas Teknik terhadap civitas akademika Fakultas Teknik.

Dalam Forum kali ini dibahas terkait program kerja dan kebijakan

Ragam Merdeka Belajar di Lingkungan Fakultas Teknik

Ragam Merdeka Belajar yang susun oleh Fakultas Teknik sebagai jawaban terhadap kebijakan dari menteri pendidikan dan kebudayaan terkait Merdeka Belajar, terdiri dari:

  1. Jenis Model Pembelajaran yang dilaksanakan di Fakultas Teknik meliputi :
  2. E-Learning: Pembelajaran Full Off-line dan On-Line (24 Jam x 7 hari x 11 Minggu).
  3. Student Center Learning (SCL): merupakan kemandirian pembelajaran mahasiswa dari berbagai sumber pembelajaran.
  4. Mata Kuliah berkompetensi: merupakan matakuliah yang telah disesuiakan antara silabus dan rps dalam memperoleh sertifikat internasional
  5. Kuliah Bersertifikat Industri: proses pembelajaran yang melibatkan para praktisi industri sebagai pengajar, yang sekaligus dilakukan uji kompetensi atas matakuliah yang telah dipelajari, hasil luaran berupa pengakuan dari industri berupa sertifikat kompetensi bagi mahasiswa.
  6. Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP): Pengujian komprehensif berdasarkan nasional sertifikat profesi, mahasiswa akan mendapatkan sertifikat kompetensi dari pemerintah melalui BNSP berupa sertifikat kompetensi di bidang keilmuan sesui dengan prodinya masing-masing.
  7. Problem Based Learning: Adanya proses penggabungan sejumlah matakuliah dalam menyelesaikan permasalahan secara nyata baik berupa produk, desain sistem, aplikasi dll sebagai luaran dari matakuliah gabungan ini, sehingga mahasiswa cukup mengerjakan 1 project untuk beberapa matakuliah.
  8. Sebagai proses akhir mahasiswa dalam menempuh kelulusan, mahasiswa dapat memilih Tugas Akhir berupa : Paper atau Skripsi atau Laporan Kegiata Lapangan (On Job Training atau Magang Bersertifikat Industri selama 6 Bulan).
  9. Keterkaitan proses pembelajaran di Fakultas Teknik dengan Bloom Revised Taxonomy Goes Digital, antara lain:
  10. Proses pembelajaran berupa piramida, dimana urutan proses pembelajaran dari awal semester sampai dengan akhir semester adalah: Remembering – Understanding – Applying – Analyzing – Evaluating – Creating.
  11. Masing-masing urutan proses pembelajaran disertai dengan media pembelajaran yang dapat di gunakan sebagai penunjang dalam proses pembelajaran sesuai dengan gambar ragam pembelajaran merdeka belajar FT.
Paparan Dari Fakultas