Fakultas Teknik Membangun Desa Bersama Jabar Digital Service (JDS)

Fakultas Teknik Membangun Desa Bersama Jabar Digital Service (JDS)

Program Desa Digital hadir sebagai upaya mempersempit kesenjangan digital di Jawa Barat. Pengembangan Desa Digital dimulai dengan menghadirkan infrastruktur digital di desa-desa, menjalankan pelatihan literasi digital, membangkitkan daya saing pelaku usaha melalui pelatihan digital marketplace, hingga optimalisasi pemanfaatan internet melalui teknologi Internet of Things (IoT) dan e-commerce untuk tingkatkan produktivitas masyarakat.

Ragam tematik Desa Digital terus dikembangkan sesuai dengan potensi desa yang dimiliki agar tercipta inovasi-inovasi untuk Jawa Barat yang lebih baik.

Fakultas Teknik Universitas Widyatama berperan serta dalam Program Desa Digital yang di gagas bersama Jabar Digitas Service, peran serta Fakultas Teknik dalam mewujudkan cita-cita Gubernur Provinsi Jawa barat dalam mewujudkan Provinsi Jawa Barat sebagai Provinsi Digital salah satunya berupa Pengembangan Digital Administrasi Desa dalam hal ini Sistem Informasi Desa  Universitas Widyatama (SIDUTAMA).

Sistem Informasi Desa  Universitas Widyatama (SIDUTAMA) yang dibangun oleh Fakultas Teknik Universitas Widyatama ditujukan untuk membantu mempermudah Tata Kelola terutama terkait dengan administrasi yang ada di Desa. Program ini juga merupak salah satu program yang mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Desa terutama dalam hal Infrastruktur dan Inovasi Desa Sesuai Kebutuhan dan Kemitraan untuk Pembangunan Desa.

Program ini dilakukan dengan mengimplementasikan proses pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dimana terdapat kolaborasi Dosen dan Mahasiswa serta adanya keterlibatan unsur Aparatur Desa dan Masyarakat. Kegiatan ini berlangsung selama 5 Bulan dengan Luaran berupa  Produk Sistem dan Aplikasi SIDUTMA.