Pembekalan Program Magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka bagi Mahasiswa Fakultas Teknik dengan 60 Industri dan Dunia Usaha, Negeri maupun Swasta

Pembekalan Program Magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka bagi Mahasiswa Fakultas Teknik dengan 60 Industri dan Dunia Usaha, Negeri maupun Swasta

Fakultas Teknik-Universitas Widyatama mengadakan program pembekalan bagi seluruh Mahasiswa Fakultas Teknik yang mengikuti Program Magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MB-KM) di Industri maupun Dunia Usaha, Program ini diberi nama Program Magang MB-KM IDUKA (Industri dan Dunia Kerja). Hal ini dilakukan sebagai upaya dalam mempersiapkan berbagai faktor yang harus diketahui dan dilakukan oleh seluruh Mahasiswa Fakultas Teknik didalam mempersiapkan pelaksanaan Program Magang MB-KM IDUKA baik dari segi: Perilaku, Pengetahuan, Kemampuan atau Kompetensi. Acara ini dilaksanakan pada Hari Sabtu 27 Maret 2021 yang dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dekan Fakultas Teknik, Wakil Dekan Fakultas Teknik, Para Ka.Prodi dan Sek.Prodi beserta seluruh Mahasiswa Fakultas Teknik serta dengan menghadirkan para pakar industri sebagai Narasumber, antara lain: Pakar Industri dari PT.Global Service Indonesia (GSI) dan United Tractors, Pakar Industri sekaligus Pakar Pembinaan Kepemimpinan dari PT.PINDAD Persero dan Pakar Industri dari PT. Dirgantara Indonesia.

Fakultas Teknik pada bulan Maret tahun 2021 melaksanakan Program Magang IDUKA (Industri dan Dunia Usaha) dengan mengirimkan 74 Orang Mahasiswa yang terlibat pada Program Magang IDUKA dengan kurun waktu minimal 6 bulan atau 1 semester penuh berada di IDUKA, program magang IDUKA ini tersebar di 60 Perusahan yang berasal dari Instansi Pemerintahan maupun Swasta, antara lain: PT. Pembangunan Perumahan Tbk (PT.PP), PT. Yodya Karya, PT.Wijaya Karya Tbk, PT.Bio Farma (Persero), Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, PT. Aplikanusa Lintas Arta, PT.LEN Industri (Persero), PT.JVC Electronic Indonesia dst.

Fakultas Teknik terus berupaya dalam menerapkan program MB-KM, selain dari program magang IDUKA, Fakultas Teknik melakukan program integrasi pembelajaran dengan penelitian dan PkM, hal ini dilakukan dalam bentuk proses pembelajaran yang lebih fokus ke arah penyelesaian permasalahan yang ada di masyarakat, bentuk kegiatan ini berupa Proyek Independen yang luarannya menghasilkan sebuah produk yang dapat digunakan oleh masyarakat, kegiatan ini dilakukan kolaborasi antara Dosen dan Mahasiswa.