Rapat Senat Fakultas Periode Bulan Maret 2020

Hari : Senin
Tanggal : 17 Februari 2020
Tempat : Ruang Rapat Fakultas Teknik Lt.I Gd.F
Peserta Rapat : 1. Dekan Fakultas Teknik

2. Wakil Dekan Fakultas Teknik

3. Para Ketua Program Studi

4. Para Sekretaris Program Studi

Perihal : 1. Kebijakan Mengenai Pengerjaan TA/Jurnal.

2. Eksekusi Nilai Mata Kuliah.

3. Program On Job Training PT. United Tractor dan PT.ASTRA HONDA.

Perihal: Kebijakan Mengenai Pengerjaan TA/Jurnal.

Merujuk kepada kebijakan yang dikeluarkan oleh Universitas Widyatama terkait pelaksanaan pengerjaan TA/Jurnal, adapun kebijakan yang diambil oleh Fakultas Teknik terkait dengan hal tersebut, antara lain:

  1. Tugas Akhir bisa dalam bentuk: Skripsi atau Laporan Kuliah Lapangan atau Pembuatan Jurnal yang dipublikasikan pada jurnal internasional (DOAJ).
  2. Mahasiswa diberikan kebebasan dalam memilih jenis Tugas Akhir.
  3. Pengerjaan Tugas Akhir dalam bentuk Jurnal menjadi opsi yang utama, hal ini juga sebagai salah satu penilaian kinerja Dosen.
  4. Mahasiswa diperbolehkan untuk pindah pembimbing dengan alasan yang sangat jelas atas persetujuan dari dosen pembimbing awal.
  5. Pembuatan Tugas Akhir dalam bentuk jurnal diperbolehkan 1 Jurnal berjumlah 4 Mahasiswa dan 1 Dosen Pembimbing atas dasar kebijakan dari Universitas Widyatama.
  6. Bagi mahasiswa yang sudah melakukan submit jurnal (bulan januari dan Februari 2020 paling lambat), namun LOA belum keluar, diperbolehkan untuk sidang paper atau jurnalnya dalam waktu 30 menit dan tidak ada perbaikan secara major.

Mahasiswa yang mengerjakan Tugas Akhir dalam bentuk jurnal, wajib di submit ke? Jurnal internasional minimal terdaftar di DOAJ.

Perihal: Eksekusi Nilai Mata Kuliah.

Berdasarkan peraturan akademik yang telah disepakati dan diberlakukan di Universitas Widyatama terkait dengan proses pembelajaran terutama dalam hal batas pengumpulan nilai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh prodi:

  1. Sesuai dengan peraturan yang telah diberlakukan, bahwa batas pengumpulan nilai Ujian (UAS) paling lambat 7 hari kerja dari tanggal jadwal ujian yang telah dilaksanakan.
  2. Terdapat beberapa mata kuliah yang harus dieksekusi oleh prodi dan wajib diketahui oleh Fakultas atas rekomendasi dari Biro Akademik berupa surat pemberitahuan perihal Eksekusi Nilai.
  3. Terdapat matakuliah yang seharusnya dieksekusi oleh prodi namun diusulkan oleh Prodi dan tanpa sepengetahuan Fakultas untuk tidak dieksekusi, hal yang terjadi jika di eksekusi nilai mahasiswa minimal mendapatkan nilai B, namun hasil yang tidak dieksekusi banyak mahasiswa yang nilainya sangat tidak memuaskan bahkan banyak terdapat nilai C.
  4. Diperlukan peningkatan koordinasi antara prodi dan fakultas terkait berbagai hal.

Jika ada hal-hal yang perlu dikoordinasikan, Fakultas sangat terbuka untuk melakukan koordinasi.

Perihal: Program On Job Training (OJT) dengan PT. United Tractor dan PT.ASTRA Honda Indonesia.

Fakultas Teknik dalam memantapkan program merdeka belajar atau kampus merdeka, dilakukan perluasan kerjasama selain dengan industri BUMN juga dilakukan dengan perusahaan swasta, hal ini dilakukan dalam mendukung strategi merdeka belajar, bahwa dalam kurun waktu 1 semester mahasiswa akan belajar diluar kampus dan mendapatkan bimbingan langsung dari industri, sebagai upaya mensinkronisasi kebutuhan industri dengan kurikulum yang diterapkan di Universitas Widyatama. Berdasarkan hal tersebut maka, Fakultas Teknik melakukan MOU dan PKS dengan PT.United Tractor dan PT. ASTRA HONDA Indonesia dalam hal:

  1. Kerjasama dalam bentuk magang bersertifikat yang lebih dikenal dengan program OJT.
  2. Program OJT akan dilaksanakan pada bulan September 2020 bagi mahasiswa aktif semester 7.
  3. Lama program OJT satu semester (6 Bulan), hasil dari program OJT bagi mahasiswa dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan Tugas Akhir.
  4. Semua Nilai matakuliah pada semester yang berjalan (semester 7) atas kebijakan Fakultas mendapatkan nilai A.
  5. Mahasiswa yang mengikuti program OJT dilakukan proses monitoring dan evaluasi oleh Fakultas dalam hal ini dikoordinir oleh Wakil Dekan dan oleh pembimbing dari industri.
  6. Mahasiswa wajib mengisi Log Book yang telah dibuatkan oleh Fakultas, hal ini dilakukan sebagai bahan masukan bagi Fakultas dan Prodi sebagai upaya pengembangan dan sinkronisasi kebutuhan industri dengan kurikulum yang diterapkan.
  7. PT. United Tractor dan PT.ASTRA HONDA Indonesia memberikan kemudahan bagi lulusan Universitas Widyatama dalam open rekrutmen.