Monitoring Pelaksanaan Program On Job Training (OJT) Bagi Mahasiswa

Monitoring Pelaksanaan Program On Job Training (OJT) Bagi Mahasiswa

Monitoring Pelaksanaan Program On Job Training (OJT) Bagi Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Widyatama yang diselenggarakan pada tanggal 21 januari 2020 bertempat di PT.Pindad persero.

Fakultas Teknik memiliki program kerja bagi mahasiswa semua program studi dilingkungan Fakultas Teknik berupa On Job Training (OJT), program OJT ini memiliki tujuan:

  1. Bagi mahasiswa bisa memberikan pengalaman berupa implementasi kesesuaian antara proses pembelajaran yang telah dilakukan selama di perkuliahan dengan bentuk real pekerjaan di industri.
  2. Bagi mahasiswa akan mendapatkan Sertifikat OJT yang dikeluarkan oleh pihak terkait, yang dapat dimanfaatkan sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijasah (SKPI) sekaligus dapat dipergunakan untuk melamar di perusahaan BUMN (sertifikat yang dikeluarkan oleh perusahaan BUMN, sebagai nilai lebih dari segi administrasi dan kompetensi).
  3. Bagi Fakultas dan Prodi, sebagai program yang dapat memberikan kontribusi terutama dalam hal waktu tunggu lulusan, dengan program ini diharapkan mahasiswa yang mengikuti program ini dapat langsung diterima di perusahaan perusahaan tempat mereka melakukan OJT baik perusahaan swasta maupun BUMN.
  4. Bagi Fakultas dan Prodi, sebagai bagian dalam langkah melakukan peninjauan kurikulum, laporan yang akan dibuat oleh mahasiswa yang melakukan OJT berupa Log Book yang berisi proses kerja yang dilakukan oleh mahasiswa pada prgram OJT, termasuk perangkat perangkat baik software atau hardware yang dapat dijadikan sebagai masukan bagi prodi dalam melakukan peninjauan kurikulum baik secara minor maupun major.
  5. Bagi Fakultas dan Prodi, sebagai upaya link and match antara kurikulum yang digunakan oleh prodi dengan industri.

 

Informasi Penempatan Mahasiswa pad program On Job Training di PT.PINDAD Persero:

:

No Nama Mahasiswa Program Studi Ditempatkan Di Divisi Job Description
1 Aldri Satria Gusmon Teknik Industri Kendaraan Khusus 1. Monitoring Produksi Panser Komodo Nexter.

2. Melakukan Update Data BOM (Bill Of Material) Anoa 6×6 dan Index Material.

3. Merancang MPS (Master Production Schedule)

2 Rajiev Firmansyah Teknik Industri Kendaraan Khusus 1. Membuat HPP (Harga Pokok Pabrik) Rehab 18 Unit Panser Anoa 6×6.

2. Membuat RKDM (Rencana Kebutuhan dan Dukungan Material) 7 Unit Panser Badak.

3. Membuat Estimasi Harga Permintaan Bantuan Pengerjaan Intern.

4. Melakukan Update Data BOM (Bill Of Material) Panser Badak.

 

3 Tesa Prasetya Pratama Sistem Informasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) 1. Dokumen Template Software Design.

2. Membangun Sistem Terintegrasi (Blueprint) mengunakan pendekatan Framework TOGAF dan Software Archimate.

4 Agung Ramadhan Teknik Informatika Sistem Informasi Manajemen (SIM) 1. Membuat E-Learning Pendidikan dan pelatihan Menggunakan Moodle bagi Karyawan PT.PINDAD

2.Membuat UML Diagran dan User Manual

5 Yoman Jayadiputra Teknik Informatika Sistem Informasi Manajemen (SIM) Membuat Aplikasi Absensi Fingerprint Scanner dan RFID menggunakan raspberry pi berbasis web,
6 Rifqi Fadzri Teknik Elektro Sistem Informasi Manajemen (SIM) Membuat Alat Absensi Fingerprint Scanner dan RFID menggunakan raspberry pi berbasis web,

Monitoring Program On Job Training Kunjungan Rektor Universitas Widyatama